Pelatihan Petugas/ Penanggung Jawab Pengolahan Susenas MKP 2019 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Bandung

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Bandung melayani pada pukul 08.00 sd 15.30 WIB setiap hari kerja.

Indikator Makro terkini: Tingkat Pengangguran Terbuka 2023 (TPT): 8,83 persen; Persentase Penduduk Miskin 2023 (P0): 3,96 persen

Pelatihan Petugas/ Penanggung Jawab Pengolahan Susenas MKP 2019

Pelatihan Petugas/ Penanggung Jawab Pengolahan Susenas MKP 2019

17 September 2019 | Kegiatan Statistik


Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) telah menjadi rujukan utama untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dalam mengimplementasikan pembangunan nasional agar sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Sembilan Agenda Prioritas atau Nawacita, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). 

Setiap tahunnya, Susenas mengumpulkan data dan informasi pokok bidang sosial ekonomi seperti kependudukan, pendidikan, ketenagakerjaan, teknologi informasi dan komunikasi, kesehatan, perumahan, perlindungan sosial serta konsumsi dan pengeluaran rumah tangga. 

Mengingat luasnya cakupan Susenas, maka tidak semua informasi dalam bidang sosial ekonomi dikumpulkan secara lengkap dan detail. Untuk menjawab kebutuhan berbagai kalangan, informasi lebih rinci terkait sosial ekonomi dicakup dalam modul yang dilaksanakan setiap tiga tahun. Susenas Modul Kesehatan dan Perumahan (MKP) merupakan salah satu modul Susenas yang dilaksanakan bergantian dengan modul Susenas lainnya yaitu Modul Ketahanan Sosial (Hansos) serta Modul Sosial Budaya dan Pendidikan (MSBP). Susenas MKP yang akan dilaksanakan pada bulan September 2019 merupakan Susenas MKP ke-9 sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 1992.

Susenas MKP 2019 dapat digunakan sebagai panduan untuk melihat capaian RPJMN 2015-2019. Selanjutnya, Susenas MKP 2019 mampu menjawab kebutuhan berbagai Kementerian/Lembaga (K/L) sebagai dasar perencanaan, monitoring, dan evaluasi program RPJMN 2020-2024, Nawacita, dan TPB.

Berkaitan dengan hal tersebut, tuntutan terhadap peningkatan kualitas data yang meliputi keakuratan, relevansi, timelines, dan komprehensif semakin tinggi. Demikian pula ekspektasi pengguna data semakin tinggi terhadap data Susenas. Peningkatan kualitas data Susenas menjadi keharusan dan terus menerus diupayakan. Susenas dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk memberikan potret kemajuan pembangunan. Potret tersebut harus akurat dan dapat dipercaya oleh publik secara luas.

Kualitas data Susenas MKP 2019 senantiasa terjaga pada setiap tahapan kegiatannya, tidak terkecuali pada tahapan pengolahan data. Oleh karena itu, bertempat di Mercure Hotel, Jalan Supratman, Kota Bandung, BPS Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Pelatihan Petugas/ Koordinator/ Penanggung Jawab Pengolahan Survei Sosial Ekonomi Nasional MKP 2019, selama 4 hari mulai tanggal 17 September sampai dengan tanggal 20 September 2019.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota BandungJl. Jend. Gatot Soebroto No. 93 Bandung

Jawa Barat | Telp./Faks. : +62 22 7305091

Mailbox : bps3273@bps.go.id 

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik