Derwati, salah satu Kelurahan Cinta Statistik di Kota Bandung - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Bandung

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Bandung melayani pada pukul 08.00 sd 15.30 WIB setiap hari kerja.

Indikator Makro terkini: Tingkat Pengangguran Terbuka 2023 (TPT): 8,83 persen; Persentase Penduduk Miskin 2023 (P0): 3,96 persen

Derwati, salah satu Kelurahan Cinta Statistik di Kota Bandung

Derwati, salah satu Kelurahan Cinta Statistik di Kota Bandung

5 Agustus 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Sesuai dengan perkembangan zaman, desa/kelurahan dituntut untuk meningkatkan kualitas sistem birokrasinya, yaitu agar lebih ringkas dan efisien. Berdasarkan hal itu Badan Pusat Statistik (BPS) mencetuskan program baru untuk membantu desa/kelurahan mengembangkan sistem birokrasi mereka.


Program itu adalah Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Program Desa Cantik ini sejalan dengan semangat Satu Data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan. Program Desa Cantik ini merupakan salah satu langkah menuju Satu Data Indonesia, sebagai salah satu bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU No.16 Tahun 1997 tentang Statistik.


Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa/kelurahan secara berkesinambungan dan komprehensif. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2021 dan di dilaksanakan kembali di tahun ini.


Program Desa Cantik ini bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Tujuan lainnya adalah Standarisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Tujuan berikutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik untuk pelaksanaan program pembangunan di desa/kelurahan. Tujuan terakhir adalah untuk membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan.


Dengan Desa Cantik, desa tidak lagi menjadi objek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Sejak awal bulan Maret tahun 2022, Pembina Desa Cantik BPS Kota Bandung telah melakukan beberapa kali kunjungan ke kantor Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung untuk melakukan diskusi dan pembinaan statistik yang dilakukan disana. Salah satu hasil kunjungan itu adalah pembangunan website oleh kelurahan Derwati. Saat ini website tersebut sudah dapat diakses oleh masyarakat di alamat https://www.derwatirumasa.com.


Website Derwati Rumasa berisi informasi mengenai Profill Kelurahan Derwati, pelayanan untuk masyarakat, serta galeri yang memuat dokumentasi kegiatan di kelurahan Derwati. Website ini akan terus dikembangkan demi kemudahan akses masyarakat terhadap informasi dan layanan yang dilaksanakan oleh Kelurahan Derwati.


Suksesnya program Desa Cantik ini, perlu dukungan dari seluruh pihak, tidak cukup dari BPS sebagai leading sector dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat.


Besar harapan BPS Kota Bandung terhadap kesuksesan program Desa Cantik ini dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di Kecamatan Rancasari secara khusus, Kota Bandung dan juga Indonesia secara umum. Tiba saatnya desa/kelurahan berdandan dengan data dan potensi yang dimiliki untuk menjadi Desa Cantik yang mempesona. Mari Sukseskan Desa Cantik.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota BandungJl. Jend. Gatot Soebroto No. 93 Bandung

Jawa Barat | Telp./Faks. : +62 22 7305091

Mailbox : bps3273@bps.go.id 

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik