Sosialisasi Pembinaan Statistik Sektoral 2024 BPS Kota Bandung - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Bandung

Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Bandung melayani pada pukul 08.00 sd 15.30 WIB setiap hari kerja.

Indikator Makro terkini: Tingkat Pengangguran Terbuka 2023 (TPT): 8,83 persen; Persentase Penduduk Miskin 2023 (P0): 3,96 persen

Sosialisasi Pembinaan Statistik Sektoral 2024 BPS Kota Bandung

Sosialisasi Pembinaan Statistik Sektoral 2024 BPS Kota Bandung

28 Agustus 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Rabu (28/08), BPS Kota Bandung mengadakan Pembinaan Statistik Sektoral. Pembinaan Statistik Sektoral ini merupakan proses yang dilakukan Badan Pusat Statistik untuk meningkatkan kualitas dan keandalan data statistik sektoral. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun dan memperkuat Sistem Statistik Nasional (SSN) dan untuk mewujudkan kegiatan statistik yang memenuhi prinsip Satu Data Indonesia, yaitu akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. Data statistik sektoral yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas pemerintah dalam pembangunan.


Dalam kegiatan ini turut hadir Sekda Kota Bandung, Bapak Drs. Dharmawan, Kepala Diskominfo Kota Bandung, Perwakilan dari Bapelitbang Kota Bandung, Instansi Perangkat Daerah dan perwakilan dari 30 kecamatan di Kota Bandung. Dalam sambutannya Bapak Dharmawan menyampaikan Pembinaan Statistik Sektoral sangat penting dalam membangun data yang akurat dan terintegrasi. Data sangat diperlukan dalam pengambilan kebijakan agar program pemerintah dapat tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan. Statistik merupakan sebagai tolak ukur kinerja pemerintah dalam pengelolaan pemerintahan. Pembinaan yang berkelanjutan tidak hanya akurat tapi juga harus relevan untuk dapat meningkatkan kebijakan yang baik.


Pembinaan Statistik Sektoral sangat bermanfaat untuk setiap sektoral dalam merumuskan program statistik, identifikasi statistik dan juga dapat digunakan untuk meningkatkan literasi dan pemahaman produsen data tentang penyelenggaraan statistik sektoral, metadata statistik dan rekomendasi kegiatan statistik dan sekaligus menjadi persiapan untuk penilaian Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).


Bahan Materi dan Dokumentasi kegiatan dapat diakses pada tautan berikut: 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota BandungJl. Jend. Gatot Soebroto No. 93 Bandung

Jawa Barat | Telp./Faks. : +62 22 7305091

Mailbox : bps3273@bps.go.id 

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik